Jumat, 07 Desember 2012

Sekolah organisasi










ORGANISASI, kalau kita berbicara masalah organisasi mungkin kebanyakan orang berfikir tidak penting berorganisasi, bahkan kebanyakan orang menyakini bahwa organisasi itu hal yang negatif, tapi menurutku itu semua salah, 99 dari 100 orang yang sukses itu karena organisasi, kenapa demikian karena didalam organisasi kita bisa mempelajari kehidupan nyata yang nantinya akan kita jalani, namun ada oknum yang memanfaatkan nama organisasi untuk kepentingan pribadi mungkin itu yang menyebabkan orang2 organisatoris terlihat buruk di mata media, maka dari itu saya yang tidak terima akan hal itu membikin blog ini supaya kita tidak salah dalam mengikuti organisasi, dengan cara kita "sekolah organisasi" tp sekolah di sini bukan sekolah seperti sekolah smp,sma dll.

  

SEKOLAH   BERORGANISASI


Kata kunci: Belajar

Organisasi itu dinamis (bergerak dan nyambung dengan pikiran), tiada ilmu pasti, dan belajar. Organisasi terbagi menjadi 2 bentuk makna, yaitu kelembagaan dan pengertian yang saling terikat bagaikan telur dan ayam yang tidak dapat dipastikan mana yang muncul lebih dahulu.

A.   Organisasi secara Kelembagaan
Organisasi secara Kelembagaan adalah untuk memenuhi kebutuhan dan menjaga keutuhan. Kebutuhan manusia satu sama lain tidaklah terbatas, maka dari situ perlu adanya pembatasan apalagi di dalam suatu organisasi yang terdiri dari banyak anggota

Contoh:
AMC  : 

1. Kebutuhannya ...
2. Pengurus, arahnya ke rancangan kerja yang meliputi kebutuhan anggota, pengurus dan penilai (bukan pengontrol), di mana anggota bukan untuk disuruh-suruh atau bahkan hanya ingin dinilai orang, tapi nantinya penilai yang jadi kontrol untuk AMC.
Untuk memenuhi kebutuhan dalam suatu organisasi, seorang ketua harus membagi kedudukan dan wewenang dari anggotanya di awal kepengurusan dan dirumuskan bersama-sama1) sampai kedudukan dan wewenang tersebut disepakati, jika tidak, coba kurangi porsinya atau proses lobby dan jika masih belum disetujui maka cari anggota yang lain sebagai penggantinya (dalam pembagian ini analoginya adalah sistem jual-beli).
Tujuan berorganisasi:
Kepribadian Mahasiswa yang luhur
Memperluas wawasan
Peningkatan
Pengabdian:          Membina
                              Mengembangkan
                              Menumbuhkan
                              Menyalurkan
                              Meningkatkan

Tujuan lembaga kampus Contoh : UNISMA adalah Ahlussunnah Waljama’ah dan kepribadian yang luhur, sedangkan tujuan nasional Perguruan Tinggi adalah keilmuan, profesional dan pengabdian terhadap masyarakat yang dikenal dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Manfaat Organisasi:        
Peningkatan pencapaian
                                                         Mengubah hidup
                                                         Menawarkan karier
                                                         Tempat ilmu
         B. Organisasi secara pengertian
Organisasi secara Pengertian adalah peran.

Pengertian organisasi menurut tokoh:
       1. Stoner

 Pola hubungan untuk mengejar tujuan bersama
2     
      2.Janes D. Mookey

Perserikatan manusia untuk tujuan bersama

3.Bernand

Sistem aktivitas kerja yang dilakukan dua orang atau lebih
Jadi secara formal dipersatukan oleh kerja sama/kekerabatan untuk mencapai tujuan dan organisasi sebagai wadahnya.
Organisatoris harus berani mengambil keputusan, bertanggung jawab dan mendidik
Agar tidak ada Otoriter dari seorang ketua di sepanjang kepengurusan karena telah di musyawarahkan di awal.

mungkin tu sedikit materi tentang organisai, semoga bisa bermanfaat bagi sahabt-sahabt semua, mungkin kalau ada yng mau menambahkan atau bertanya masaalaah organisasi bisa komentar di blog ini  trimaksih atas kunjungannya :)





1 komentar:

  1. ky mna caranya mengubah mindset ,yg awalnya gk suka menjadi suka organisasi.

    BalasHapus